METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Isi Artikel Utama

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kompetensi berbicara mahasiswa tingkat fakultas dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dampak pendekatan role play getting to know terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV Bahasa Indonesia di SD Negeri Leuwiliang 04. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain lembaga manipulasi yang paling sederhana, sampel yang diteliti berjumlah 20 orang. mahasiswa. Pengujian dalam penelitian menggunakan uji validitas rakitan dan uji reliabilitas. Analisis rekaman menggunakan uji T-check sampel yang tidak bias setelah melalui rentang uji prasyarat meliputi ujian normalitas dan penilaian homogenitas. Hasil penelitian diperoleh dari uji T-test sampel netral bahwa biaya kepentingan (2-tailed) berubah menjadi 0,000, sehingga Ho ditolak dan Ha menjadi tipikal. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan di atas, menunjukkan bahwa fungsi pendekatan pengenalan perjudian mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan berbicara siswa

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adini, N. (2021). Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher.

Amri, Y. (2015). Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-Dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku.

Burhan, N. (2014). Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Faizah, U. (2020). Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning. Yogyakarta: Media Perkasa.

Isah, C. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Miftahul, H. (2016). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, R. (2021). Keterampilan Berbicara. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Subhani & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman, N & Mirnawati, P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidikan yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidik yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Wicaksono & Fahrurrozi( 2023 ). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Garudhawaca

Ilmu Udin & Siregar. (2019) Sintak 45 Implementasi metode role playing pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah darul ulum sukorambi jember. Journal Primary Education, 1(1). 17-31.

Cakra, G. Dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sdn 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1). 1-10.

Maruzzi, K & Aristya, F. (2017). Penelitian Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Jurnal Naturalistic, 1(2). 112-117.

Sholeh. M. & Mirnawati. M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pembelajaran: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2),139-150.

https://doi.org/10.12928/jp.v212.1697

Pratiwi, E.C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 165 Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. [Skripsi]. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Priatna, A & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendas, 4(2). 147-159.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 9(4).

Adini, N. (2021). Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher.

Amri, Y. (2015). Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-Dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku.

Burhan, N. (2014). Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Faizah, U. (2020). Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning. Yogyakarta: Media Perkasa.

Isah, C. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Miftahul, H. (2016). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, R. (2021). Keterampilan Berbicara. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Subhani & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman, N & Mirnawati, P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidikan yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk Pendidik yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Wicaksono & Fahrurrozi( 2023 ). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Garudhawaca

Ilmu Udin & Siregar. (2019) Sintak 45 Implementasi metode role playing pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah darul ulum sukorambi jember. Journal Primary Education, 1(1). 17-31.

Cakra, G. Dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sdn 29 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1). 1-10.

Maruzzi, K & Aristya, F. (2017). Penelitian Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Jurnal Naturalistic, 1(2). 112-117.

Sholeh. M. & Mirnawati. M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pembelajaran: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2),139-150.

https://doi.org/10.12928/jp.v212.1697

Pratiwi, E.C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 165 Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. [Skripsi]. Makassar: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Priatna, A & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendas, 4(2). 147-159.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 9(4).

Gunawan, G., & Anbarsari, S. N. (2021). PENGARUH METODE BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA dI MI AL-QOLAM CIBUNGBULANG BOGOR. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 45-51.