SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kompleksitas kesulitan yang dihadapi dalam bidang pendidikan dan pengajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor; salah satu unsur tersebut adalah pendekatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji bagaimana proses ilmiah mempengaruhi pandangan sains siswa. Kurikulum IPA bagian V. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. SDN 04 Pada bulan Mei 2023, Leuwiliang Bogor menjadi lokasi penelitian. Penelitian ini melibatkan siswa 41 VA dan 39 VB. Penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan catatan. Analisis data meliputi validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian. Uji hipotesis uji t 2-tailed dengan menggunakan software SPSS tipe 25 diperoleh data sebesar 0,010 dengan tingkat signifikansi 0,0,05 atau signifikansi. Kelas VB memiliki nilai rata-rata sebesar 81%, sedangkan kelas VA memiliki nilai rata-rata sebesar 87%, dengan 2-tailed) < 0,05. Temuan uji analisis mengungkapkan bahwa teknik pembelajaran saintifik yang digunakan pada kelas VA memang berpengaruh dalam meningkatkan sikap siswa terhadap sains
Rincian Artikel
Referensi
Hosnan,Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Musfiqon dan Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia Learning Center Sidoarjo, 2015.
Ramadhani Putri Sulistyani, Konsep Dasar IPA Konsep dan Aplikasi Pengembangan Pembelajaran, Depok: Yiesa Media Karya, 2019.
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Cet. 26, Bandung: Alfabeta, 2019.
Sulistyani Ramadhani Puteri, Konsep Dasar IPA Konsep dan Aplikasi Pengembangan Pembelajaran, Depok: Yiesa Media Karya, 2019
Ekan, Tjok Rai Partadjaja, Ndara Tanggu Renda, Vol. 1, No. 1, MIMBAR PGSD UNDIKSHA, “Kontribusi Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banyuasri”, 2013.
Endra Ratnasari, Vol 5, Nomor 1, Jurnal Pendidikan Sejarah “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Ma’arif Sukorejo”. 2017.
Moch. Agus Krisno Budiyanto dkk, Vol 13, Nomor 1, jurnal Proceeding Biology Education Conference. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang”. 2016.
Rohmawati Siti dkk, Vol. 1, No. 3, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA”, 2018.
Siti Aisah, Vol 3, Nomor 1, Jurnal Al Mubin. “Analisis Pemahaman Guru Tentang Konsep Hakikat IPA dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah”, 2020.
Toharudin dkk, Membangun Literasi Sains Peserta Didik (Bandung: Humaniora, 2011)
Ummi Inayati, Vol. 2, ICIE: International Conference on Islamic Education 2021. “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI”, 2022.
Urip Astika dkk, Vol. 3, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis”, 2013.
Wicaksono Grahito Anggit, Vol. 1, No. 2, Jurnal Komunikasi Pendidikan, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains sd”, 2003
Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.