MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THOWING MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah pendekatan pembelajaran snowball throwing dipraktekkan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dan metodologi kuantitatif, dengan satu kelas yang menjadi topik penelitian. Tiga puluh siswa terdaftar di SDN Tapos 04 pada saat penelitian ini dilakukan, dan semuanya menjadi sampel. Metode pretest, posttest, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini. Analisis statistik inferensial dan metode statistik deskriptif digunakan dalam analisis. Uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Test digunakan untuk menguji hipotesis, dan perangkat lunak SPSS Versi 25 digunakan untuk menguji hasil dengan menggunakan Paired Samples Test. Uji hipotesis yang menggunakan Paired Samples t test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 berdasarkan hasil perhitungan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Kesimpulannya, HO ditolak dan hipotesis Ha diterima
Rincian Artikel
Referensi
Widyawati Nelly, Lisa Yasinta. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Cet 01, Yogyakarta : CV Budi Utama.
Putri K, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Pendidikan dasar, 23.
Handayama, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.
Lisa, N. W. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putri K, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Pendidikan dasar, 23
Elvira, Vol.16, No.02, IQRA “Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya”, 2021.
Irayana, Vol. 01, No.01, “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keefektifan Belajar Siswa”, 2021.
Lestari Dewi, Vol. 03, No.02, “Penerapan Teori untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Simetris Lipat”.
Sulton, Vol, 04, No, 16, Elementary, “Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Setiap Siswa Madrasah Ibtidaiyah”, 2016.
Suharman, Vol. 01, No.03, Ilmiah Pendidikan Agama Islam. “Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik”, 2018.
Sabron Adi Nugraha, Dkk, Vol. 01 No. 03, Inovasi Penelitian “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika kela IV”, 2020
Gunawan, G., Falah, S., Mz, S. R., Tamami, A., Anas, A., Riva’i, F. A., & Kusumawati, R. (2024). Professionalism Of Civil Servant Teachers Through Writing Scientific Article And Scientific Publications. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 1499-1505.