PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN

Isi Artikel Utama

Ika Apriani
Mujahid Damopolii
Rinaldi Datunsolang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah 1 Limboto dapat berkontribusi pada pengembangan kecerdasan spiritual siswa, serta menghubungkannya dengan implementasi Profil Pelajar Pancasila. Kecerdasan spiritual diartikan sebagai kemampuan individu untuk memahami makna hidup dan menghubungkannya dengan dimensi spiritual, yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk menggali data yang lebih mendalam tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti shalat Dhuha berjamaah dan pembelajaran Al-Qur'an yang terstruktur memiliki dampak positif terhadap pengembangan kecerdasan spiritual siswa. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai spiritual, tetapi juga membantu membentuk karakter mereka, sesuai dengan elemen religius dalam Profil Pelajar Pancasila. Namun, penelitian juga menemukan bahwa keterbatasan tenaga pengajar dan dana menjadi kendala yang signifikan dalam pengoptimalan kegiatan tersebut, yang dapat mempengaruhi keberlanjutan dan efektivitas pelaksanaannya. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan berbasis spiritual sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, sesuai dengan tujuan besar pendidikan di Indonesia, yaitu untuk menciptakan generasi yang berintegritas, mandiri, dan berakhlak mulia. Kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah 1 Limboto menjadi sarana yang efektif untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, serta memperkuat hubungan antara kecerdasan spiritual dan pengembangan karakter siswa yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Khalida, Rozana Ulfahet al ,“Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPS” . jurnal pendidikan, 2018, vol. 1 No. 8.h. 1607

kahfi,Ashabul, Implementasi profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap karakter Siswa di Sekolah, jurnal pemikiran dan pendidikan dasar, h. 145.

Aninditi, Aditomo, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (Jakarta:Kemendikbud 2021), h. 5

Sapuri, Rafy, Psikologi Islam Tuntutan Jiwa Manusia Modern, (Jakarta: PT Rajagrafindo Perdasa, 2017), h. 2017

(Munandir, Ensiklopedi Pendidikan, (Malang: UM Press, 2001), h.122.)

Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan peneliti Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002), Cet. I, h. 51.)

Rusnaini dkk, “Identifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa”,jurnal ketahanan nasional, vol.27. No. 2, h. 230-249.