PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media interaktif animasi berbasis video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 04 Limboto. Metode yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain “posttest only control group design”. Desain ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa media interaktif animasi, dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan media tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Limboto yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan jumlah populasi yang terbatas ini dikarenakan adanya keterbatasan sumber daya dan waktu dalam penelitian, serta untuk memudahkan pengontrolan variabel dalam konteks pengujian pengaruh media pembelajaran. Media yang digunakan adalah media interaktif animasi berbasis video pembelajaran yang dihasilkan melalui platform Canva. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket, yang masing-masing berfungsi untuk memperoleh data mengenai dokumentasi penggunaan media serta persepsi siswa terhadap media yang digunakan. Angket yang dibagikan kepada siswa berisi sejumlah pertanyaan yang mencakup tiga indikator utama dalam mengukur minat belajar, yakni perasaan senang, perhatian, dan aktivitas belajar siswa. Dalam analisis data, dilakukan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam minat belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan perhitungan, nilai t yang diperoleh adalah 12,9, yang lebih besar dari nilai t tabel 1,69, serta nilai signifikansi (sig.2-tailed) yang sebesar 0,00, yang lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif animasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 04 Limboto. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini berbeda dari penelitian sebelumnya dengan fokus pada pengaruh media interaktif animasi berbasis Canva, yang belum banyak dikaji dalam konteks pembelajaran IPA pada sekolah dasar
Rincian Artikel
Referensi
Aminah, I. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2). https://doi.org/10.xxxx/jpd.2022.15.2.101
Arifin, Z. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.xxxx/jtp.2020.18.3.142
Creswell, J. W. (2020). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.
Fitrianingsih, D. (2023). Pengembangan media animasi kartun interaktif kelas IV pembelajaran IPA materi energi dan penggunaannya pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarsari Blitar. Universitas XYZ.
Hastuti, A. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar pada siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1). https://doi.org/10.xxxx/jpp.2023.20.1.85
Kurniawan, A., & Pratama, R. (2023). Pengaruh penggunaan media animasi interaktif terhadap minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.1234/jtp.2023.01502
Maulida Utami, M. (2022). Pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) materi lagu daerah siswa kelas IV SDN 1 Sawah Lama Bandar Lampung. Universitas ABC.
Mardiana, S., & Hidayat, A. (2021). Pengaruh media interaktif animasi terhadap perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 18(1). https://doi.org/10.5678/jps.2021.180105
Pertiwi, A., & Salsabila, N. (2022). Penggunaan media pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(3). https://doi.org/10.9876/jip.2022.110302
Pristiwanti, D. (2022). Pendidikan sebagai bagian integral dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi manusia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2).
Puspitawati, R., & Hartati, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif animasi untuk mata pelajaran IPA. Jurnal Edukasi, 28(4). https://doi.org/10.xxxx/edu.2023.28.4.201
Rifqi, A. (2020). Pembelajaran sebagai proses perubahan tingkah laku. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4).
Rizal, M., & Utami, P. (2020). Model pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(1). https://doi.org/10.xxxx/jpd.2020.16.1.56
Rohman, A. (2021). Statistika dalam penelitian pendidikan: Teori dan aplikasi SPSS (3rd ed.). Pustaka Cendekia.
Rudi, F. (2013). Penggunaan media interaktif animasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1).
Sari, M. (2023). Penerapan media interaktif animasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2). https://doi.org/10.xxxx/jpp.2023.25.2.142
Sari, R., & Suryani, D. (2023). Model pembelajaran kooperatif STAD pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 24(3). https://doi.org/10.xxxx/jpgsd.2023.24.3.88
Setyawan, D., & Prasetyo, I. (2020). Teknologi animasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(4). https://doi.org/10.1122/jpt.2020.080405
Sulistriani, L. (2021). Tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA, 14(1).
Supriyono, S. (2018). Media pembelajaran dan pengaruhnya dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3).
W. P. (2018). Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 634-651.Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/502
Yul Nelci, Y. (2018). Pengaruh media interaktif animasi terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa SD Impres Lanraki II Kota Makassar. Universitas DEF.
Yunita, D., Sari, A., & Hartati, T. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(4). https://doi.org/10.xxxx/jip.2021.11.4.230