ANALISIS TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS

Isi Artikel Utama

Sri Delawati Ibrahim
Said Subhan Posangi
Rinaldi Datunsolang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Integral Hidayatullah Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam proses dan hasil pembelajaran akidah akhlak serta dampaknya terhadap karakter religius peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak di madrasah ini efektif dalam membentuk karakter religius peserta didik, yang tercermin dalam beberapa kebiasaan positif, seperti doa sebelum belajar, pelaksanaan shalat berjamaah, dan kebiasaan bersedekah. Pembiasaan kebiasaan-kebiasaan ini tidak hanya mengajarkan nilai-nilai agama, tetapi juga membentuk kedisiplinan dan rasa tanggung jawab di kalangan siswa. Namun, meskipun pembelajaran akidah akhlak ini terbukti efektif, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang mempengaruhi proses pembentukan karakter religius, di antaranya adalah kurangnya kesadaran diri siswa dan kurang optimalnya peran orang tua dalam mendukung pendidikan agama di rumah. Kendala-kendala ini menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan hasil dari pembelajaran tersebut. Sebagai upaya untuk mengatasi kendala tersebut, berbagai langkah telah dilakukan, seperti pemberian teladan yang baik dari guru, pemberian apresiasi terhadap perilaku positif siswa, penerapan hukuman yang seimbang untuk perilaku negatif, serta penggunaan variasi media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya wawasan tentang pendidikan karakter religius, khususnya di daerah dengan kearifan lokal yang unik seperti Kabupaten Bone Bolango. Dengan menggali konteks sosial dan budaya yang ada, penelitian ini menambah pemahaman tentang bagaimana pembelajaran akidah akhlak dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai lokal untuk memperkuat pembentukan karakter religius peserta didik di madrasah

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Sahidun Achmat, “Ungkapan Bijak Abah Syekh Saiful Anwar Zuhri Rosyid Pondok Pesantren Assalafiyah Az-Zuhri Semarang” (2017).

Alfiana, Diah, Pengaruh Budaya Religius Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2017.

Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Faisal Faliyandra, “Konsep Kecerdasan Sosial Goleman Dalam Perspektif Islam ( Sebuah Kajian Analisis Psikologi Islam ),” Intelegensia 7, No. 2, (2019): 12.

Fitri, Agus Maimun dan Agus Zainul, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif, Malang : UIN MALIKI PRESS, 2010.

Gusti Adnyana, Makalah Hablumminallah dan Hablumminannas (Template Toko Online,2014),hal.2.http://makalah085731.blogspot.com/2017/09/makalah-hablu-minannas-dan-hablu.html 16 Mei 2023)

Habibah, Syarifah, Sopan Santun Berpakaian dalam Islam, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 2 No.3, Oktober, Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, 2017.

Samihah Mahmud Gharib, Membekali Anak Dengan Akidah, (Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2016),

Nur Haliza, “Strategi Guru Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Silir” (IAIN Kediri, 2022).

Hawi, Akmal, Kompetensi Guru pendidikan Agaa Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Yusran Asmuni, Dirasah Islamiah 1, (Jakarta: Raja Grafindo persada, 1997),

Khorida, Muhammad Fadlillah dan Lilif Muallifatul, Pendidikan Karakter Anak UsiaDini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Rinaldi Datunsolang, DKK (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar.

Laila, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 2; Bandung: Posda Karya, 2017

Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media, (Yogyakarta: LKiS. 2018).

Turner,Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi.(Jakarta. Salemba Humanika, 2017).

Aprida Pane, DKK. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman(2017).

Syarifah Habibah, Sopan Santun Berpakaian dalam Islam, Jurnal Pesona Dasar, Vol.2 No.3, Oktober, (Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, 2017).

Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis, (Jakarta: Erlangga, 2011).

Maemonah.Implementasi pendidikan karakter di madrasah/sekolah.Jurnal Pendidikan Dasar Islam (2016)

Anisa Nasution, DKK.Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.Jurnal Penelitian Mahasiswa (2022).

Nur Akhda Sabila, DKK. Integrasi Aqidah dan Akhlak.Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam (2019).

Mulyana, Metodologi Peneitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Generasi Muda Rosdakarya, 2012.

Ramayulis, Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta:Kalam Mulia, 2015.