PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TEMA 3 BENDA DISEKITARKU SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2024 di MI Integral Hidayahtullah Suwawa, khususnya pada mata pelajaran tematik kelas III. Berdasarkan pengamatan, meskipun guru telah berusaha menyampaikan materi dengan baik, hasil belajar siswa masih menunjukkan kekurangan, terutama pada pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan oleh penerapan metode ceramah yang cenderung membuat siswa pasif, hanya mendengarkan, mencatat, dan menghafal, tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, masih ditemukan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik dan hasil belajar siswa. Model Picture and Picture mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar, dengan mengedepankan pemberdayaan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggunaan media Picture and Picture memiliki potensi untuk merangsang perhatian, perasaan, serta kemauan siswa, sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan
Rincian Artikel
Referensi
Ari Susanti Putu, dkk “Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2 (2022) PP. 99-106
Artatik Gusti ayu Dkk, Studi Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Permulaan Di SD Se Kecamatan Ubud, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Volume 4 Tahun 2014
Ayu Nurlita Senja Dkk, “Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture BerbantuanFlashCard Siswa Kelas 2 SD Negeri Kenteng 01” Vol. 5. (2018) 139-141.
Depdiknas, “ Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama” (2008).
Depdiknas, Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah dasar (Jakarta, Depdiknas, 2006).
Fathurrohman Muhammad, Pendekatan dan Model Pembelajaran, (Yogyakarta: Kalimedia 2018).
Fita Asri Untari Mei, dkk, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Aktiv Tipe Index CardMatch”. 3. (2013).
Huda Miftahul, Model-Model Pengajuan dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016, 239).
Kadir Abd dkk, Pembelajaran Tematik, (Jakarta :PT Raja Grafindo Persada, 2014).
Kemendikbud, Hands-Out Bahan Pelatihan:Materi Umum dan Materi Pokok Sekolah Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah,( 2016).
Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-model PembelajaranDalamPenelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2018.
Parnawi Afi, Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakarta: Deepublish, 2020)
SB Mamat dkk., Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, (Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI, 2005)
Shoimin Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Sumarandak. I dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X SMA Advent Manokwari” ChemisteryEducationJournal. 1 (1). (2018)
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta: Prenada Media Group, 2009)
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisik
UUD No 20 tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia
Wartini Atik, Pendidikan MultikulturalBerbasisKarakterKeindonesiaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Integrasi IlmuKe-Islaman Dan KarakterKebudayaan IndonesiaToleransi: Media KomunikasiUmatBeragama, Vol 7, No.1 Januari-Juni 2015.
Yuliastanti Dini, Ulhaq Zuhdi, “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar”. JPGSD. Vol. 02. (2014).
Yully Widyawati Wiwik, “Keefektifan Model Pembelajaran Picutureand Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas” Jurnal Kredo. 2. (2019).