EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

Isi Artikel Utama

Irfan Aziz
Sugeng

Abstrak

Penelitian ini mengkaji evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode library research. Pemilihan metode ini dilakukan karena library research memungkinkan peneliti melakukan penelusuran mendalam terhadap temuan-temuan empiris dan teoritis yang telah dipublikasikan, sehingga mampu memberikan gambaran komprehensif terkait perkembangan konsep dan praktik evaluasi pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi evaluasi pembelajaran PAI, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya, serta menelusuri pengaruh proses evaluasi tersebut terhadap pembentukan karakter religius siswa. Data sekunder diperoleh dari publikasi ilmiah periode 2020–2025 dan dianalisis menggunakan teknik analisis konten yang bersifat deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran PAI dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang terintegrasi dengan strategi pembiasaan serta keteladanan guru. Efektivitas evaluasi dipengaruhi oleh faktor internal berupa motivasi dan kesiapan belajar siswa, serta faktor eksternal yang meliputi kompetensi guru, dukungan keluarga, lingkungan sekolah, dan desain kurikulum yang adaptif. Evaluasi pembelajaran PAI terbukti berkontribusi signifikan terhadap penguatan karakter religius, yang tercermin dalam meningkatnya kejujuran, kedisiplinan, toleransi, tanggung jawab, dan ketaatan beribadah siswa. Tantangan yang ditemukan antara lain keterbatasan sarana pendukung, dampak negatif media sosial, dan kurangnya keteladanan dalam lingkungan sekitar. Rekomendasi strategis yang diajukan mencakup peningkatan kompetensi pedagogis dan spiritual guru, pengembangan kurikulum PAI yang kontekstual, serta penguatan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memiliki karakter religius yang kuat

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aisyah, N., & Fitriyah, N. (2024). Strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa. Journal of Education Research, 5(1), 301–313. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770

Annisa Firaudhatil Jannah, & Jannah, I. (2024). Evaluasi pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan manajemen. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 630–644.

Azizah, M., Jariah, S., & Aprilianto, A. (2023). Pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 29–45. https://doi.org/10.59373/ngaos.v1i1.2

Dewi, E. S., Yufina, A., Rahmah, N. M., & Baehaqi, L. (2025). Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa: Sebuah analisis telaah pustaka ilmiah. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Dwita, F., Muslim, M., & Safi’i, I. (2025). Pengaruh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadap karakter religius siswa kelas VIII di SMPN 13 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 10, 10–18.

Ghozali, Ds Junedi, E., & Bashith, A. (2025). Model evaluasi pembelajaran PAI untuk menyelaraskan dengan perubahan kurikulum dan kebutuhan siswa di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Khatimah, H. (2023). Desain pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal Mandar dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik di MA BPII Pamboang (Skripsi/Tesis, institusi tidak disebutkan).

Nitami, D., & Arman, D. (2024). Nilai-nilai karakter bangsa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.35905/dialektika.v3i1.8841

Oktarosada, D., & Syam, F. (2025). Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pelajar SMA di Kota Tarakan: Studi deskriptif melalui pendekatan literatur. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 4, 411–422.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Purboretno, A. A., Mansur, R., & Mustafida, F. (2022). Pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 1–11.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2019). Pengembangan karakter religius peserta didik berbasis keteladanan guru dalam pembelajaran PAI. (Prosiding/Karya ilmiah tanpa detail publikasi).

Rofiah, H. A., & Munadi, M. (2024). Pengembangan pembelajaran dan penanaman nilai-nilai PAI sebagai pembentukan karakter religius siswa sekolah dasar Islam. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 7(3), 110–123. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1289

Suci Rahmadani. (2024). Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital: Tinjauan literatur kualitatif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 3031–5220.

Tumbi Ujung, & Tumiran. (2021). Analisis pendidikan karakter religius pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ar-Rahman Medan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.

Wardani, A. P. K., Rahmah, S. A., Ramadani, F., & Inayati, N. L. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah Kartasura. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 574–576. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1935