INOVASI MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ABAD 21
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan pendidikan abad ke-21 menuntut transformasi sistem evaluasi agar mampu menjawab kompleksitas pembelajaran modern yang tidak hanya menekankan pencapaian nilai akademik, tetapi juga pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi model evaluasi yang efektif dalam mendukung pembelajaran abad ke-21. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji teori, penelitian empiris, dan praktik implementasi evaluasi di sekolah, sehingga menghasilkan pemahaman komprehensif mengenai efektivitas berbagai model evaluasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa asesmen autentik, penilaian berbasis proyek, portofolio, dan pemanfaatan teknologi digital mampu memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan motivasi internal peserta didik, dan memberikan gambaran lebih utuh mengenai perkembangan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Evaluasi inovatif ini tidak hanya berfungsi sebagai alat ukur, tetapi juga menjadi sarana untuk menumbuhkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Kesimpulannya, adopsi model evaluasi yang kreatif dan adaptif menjadi strategi penting untuk mewujudkan pendidikan yang relevan, responsif, dan berorientasi masa depan. Penelitian ini menekankan perlunya integrasi inovasi evaluasi secara konsisten dalam praktik pembelajaran agar proses belajar lebih bermakna dan mendukung pencapaian kompetensi peserta didik secara menyeluruh
Rincian Artikel
Referensi
Adiputra, D. K., & Hidayah, N. (2025). Transformasi pembelajaran abad 21. Goresan Pena.
Agustina, I. P., & Yuana, O. A. (2025). Peran evaluasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di era digital. Jurnal Al-Fatih, 8(1), 250–272.
Arbeni, W., Indrianti, N., Fahlevi, F., Septiawan, D., Wahyu, M., Sari, R. P., & Nasution, M. R. (2024). Analisis hasil evaluasi dan perkembangan. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 4(2), 376–387.
Bancong, H. (2025). Strategi reviu riset dan konstruksi teori: Metode, analisis, dan studi kasus. Indonesia Emas Group.
Dianti, K., Ulfah, M., Salam, A., Gunawan, G., & Luthfiyah, L. (2025). Analisis asesmen diagnostik, formatif dan sumatif serta implikasinya terhadap efektivitas sistem evaluasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 555–565.
Lubis, D. C., Harahap, F. K. S., Syahfitri, N., Sazkia, N., & Siregar, N. E. (2024). Pembelajaran berbasis proyek: Mengembangkan keterampilan abad 21 di kelas. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1292–1300.
Nurhayati, S., Septikasari, D., Judijanto, L., Susanto, D., Sudadi, S., Setiyana, R., Willdahlia, A. G., Ramli, A., & Zamroni, Z. (2025). Paradigma baru dalam pendidikan abad 21. PT. Green Pustaka Indonesia.
Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas asesmen autentik dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 77–87.
Supardi, S., Idris, A., Nurhayati, N., & Fauzi, A. (2025). Transformasi pendidikan era globalisasi: Inovasi kurikulum, teknologi, peran guru, dan fokus pengembangan potensi siswa. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 258–265.
Taqiyuddin, T., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1936–1942.
Utami, P. R., Rahmawati, L., & Noktaria, M. (2025). Pengembangan kompetensi dan soft skill dalam implementasi kurikulum merdeka: Tinjauan literatur. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 55–65.
Zubair, L., Mini, D. A. M., Kurnia, Z. A., & Bashith, A. (2024). Strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(11), 1217–122