ASESMEN BERBASIS NILAI ISLAMI SEBAGAI STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BERKARAKTER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan asesmen berbasis nilai Islami sebagai strategi evaluasi yang bertujuan memperkuat karakter peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang memadukan observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, dan analisis instrumen penilaian, penelitian ini menggambarkan bagaimana nilai kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan konsistensi perilaku siswa diintegrasikan ke dalam proses evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen Islami memberikan gambaran lebih komprehensif tentang perkembangan moral-spiritual siswa dan membantu guru memberikan umpan balik yang konstruktif untuk pembinaan karakter secara berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa asesmen berbasis nilai Islami bukan hanya alat pengukur hasil belajar, tetapi juga sarana pembentukan karakter yang berorientasi pada pembiasaan akhlak mulia. Penelitian menyimpulkan bahwa asesmen Islami berpotensi meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran PAI secara lebih utuh
Rincian Artikel
Referensi
Akbar, A., Mas’adah, M., Wahyudi, A. R. E. P., Rahmatika, N. U., Ainin, A., & Nugraha, M. T. (2024). Penerapan evaluasi portofolio dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana. Journal of Education Research, 5(4), 5567–5575.
Asrofi, A., Hamilaturroyya, H., & Purwoko, P. (2025). Asesmen pembelajaran profetik dalam pendidikan Islam: Strategi holistik untuk penguatan nilai spiritual dan karakter peserta didik. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 5(2), 66–78.
Astuti, D., Karimah, L., Sopyan, F., Ma’ruf, M., Supriyadi, S., & Riadi, A. (2024). Penerapan nilai-nilai Islam dalam perencanaan pembelajaran PAI. AZKIYA: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 28–48.
Hatamudin, Z., Purnamasari, D., & Iswanto, R. (2025). Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan implikasinya terhadap perilaku peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Muara Enim. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Hidayat, R. N. (2021). Internalisasi ajaran Islam dalam membentuk karakter profetik pada siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi (Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana IAIN Jember).
Izzah, L., & Hakim, A. R. (2020). Mengukur prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP dalam perspektif gender. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 7(1), 67–92.
Lidan, A., Syahputra, A., Robby, S. P. A. D., Hidayat, M., Al-Adawiyah, R., Nur, R. S. A., Ma’ruf, R., & Nasution, S. (2023). Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. UMSU Press.
Mubaroq, A. A., Fasha, N. A. T., Pasrah, R. F., & Nazib, F. M. (2025). Strategi inovatif dalam mengintegrasikan kurikulum merdeka pada pendidikan agama Islam. Advances in Education Journal, 1(4), 362–378.
Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N. P. A., Ridha, N. A. N., & Milasari, L. A. (2024). Metode penelitian kualitatif. Widina.
Ritonga, R. A. (2023). Penerapan kurikulum merdeka bidang studi Akidah Akhlak kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Syarif, M. I., & Afriani, G. (2023). Media dan sumber belajar IPA terintegrasi nilai Islam dan tokoh-tokoh Islam. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Warman, M. S., Chandra, S., Rosanthi, M., Afriani, R., Tombi, E. A., Hidayati, A. E., Oktora, D., Wowor, J., & Windy, M. W. P. (2023). Supervisi pendidikan: Konsep dasar dan implikasinya. CV. Sarnu Untung.
Yoga, A. T. (2022). Guru menulis spirit literasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).