PENGGUNAAN SOSIOMETRI MELIHAT HUBUNGAN SOSIAL MAHASISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sosial mahasiswa di perguruan tinggi melalui pendekatan sosiometri konseling. Metode sosiometri digunakan untuk memetakan pola interaksi antar mahasiswa dan menilai pengaruhnya terhadap tingkat keaktifan dalam perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 7 mahasiswa semester IV. Data dikumpulkan melalui angket sosiometri, kemudian dianalisis menggunakan frekuensi dan persentase, serta divisualisasikan dalam bentuk sosiogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan tingkat pilihan sosial tinggi cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan mahasiswa dengan tingkat pilihan sosial rendah memiliki partisipasi yang lebih rendah. Mahasiswa berinisial D memperoleh tingkat pilihan tertinggi sebesar 85,7%, menandakan peran sosial yang dominan, sedangkan mahasiswa Z memperoleh 42,9%, menunjukkan partisipasi yang relatif rendah. Temuan ini menegaskan efektivitas sosiometri konseling dalam mengidentifikasi dinamika hubungan sosial dan tingkat keaktifan mahasiswa
Rincian Artikel
Referensi
Ade, et al. (2023). Penggunaan sosiometri dalam layanan bimbingan konseling. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Akhmad, et al. (2015). Pengembangan program sosiometri sebagai media pengungkap hubungan sosial siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1(2).
ALD, Arifah, & Nento, A. (2022). Mengetahui hubungan sosial peserta didik dengan pendekatan instrumentasi sosiometri. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 19(2).
AP, Destra, et al. (2022). Aplikasi penilaian kinerja pegawai dengan metode sosiometri berbasis artificial intelligence. Jurnal Locus: Penelitian dan Pengabdian, 1(5).
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan dalam suatu rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Daulay, N., et al. (2022). Panduan praktis konseling online bagi konselor. Medan: Umsupress.
Hartono, & Soedarmadji, B. (2012). Psikologi konseling edisi revisi. Jakarta: PT Adhitya Andrebina Agung.
HL, Eko. (2022). Sistem informasi manajemen bimbingan dan konseling: Petunjuk penggunaan aplikasi (user manual). Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Gantina, et al. (2006). Asesmen teknik nontes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks.
Moreno, J. L. (1953). Who shall survive? Foundation of sosiometry, group psychotherapy and sociodrama (Revised ed.). New York: Beacon.
Mu’tadin. (2002). Psikologi sosial: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nada, et al. (2019). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan hubungan sosial. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 16(2).
NA, Dahlia, & RA, Dian. (2018). Praktik pemahaman individu. Jawa Timur: CV AE Media Grafika.
Nurmawati, et al. (2024a). Pelatihan kompetensi profesional calon guru BK dalam penggunaan sosiometri. Ejoin: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6).
Nurmawati, et al. (2024b). Sosiometri: Mengetahui hubungan interaksi sosial peserta didik. Desire: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7).
P, Devy, et al. (2024). Handout bimbingan dan konseling pribadi dan sosial. Malang: Media Nusa Creative.
Palahan, S. (2025). Relationship between students’ social roles and academic performance based on social network analysis. arXiv preprint arXiv:2503.06493.
Purwati, et al. (2025). Teknik konseling: Teori dan penerapannya. Yogyakarta: K-Media.
Putri, W. C., & Nursanti, A. (2020). The relationship between peer social support and academic resilience of young adult migrant students in Jakarta. International Journal of Education, 13(2), 122–130.
Soekanto, S. (2006). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
RB, Muhamad, et al. (2023). Analisis masalah interaksi sosial warga binaan lapas perempuan berdasarkan sosiometri. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2).
RP, Utami. (2022). Penerapan model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 2(1).
WS, Siti. (2019). Penggunaan instrumen sosiometri dalam layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam AL-Irsyad, 1(1).
Winkle, W. S. (1991). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia