PENGARUH MEDIA MULTIPLY CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NEGERI 1 GRESIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran perkalian di sekolah dasar sering menuntut media yang mampu membantu siswa memahami konsep secara lebih konkret. Penelitian ini bertujuan menggambarkan penggunaan media multiply card dalam pembelajaran matematika serta mengkaji pengaruhnya terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV MIN 1 Gresik. Penelitian menggunakan desain Quasi Experimental dengan model Nonequivalent Control Group. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media multiply card memperoleh respons positif dari siswa dan mendorong peningkatan kemampuan berhitung yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kenaikan skor terlihat dari perbedaan nilai pretest–posttest, dan uji Independent Sample t-Test mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Perhitungan N-Gain menunjukkan efektivitas pada kategori sedang, sehingga media ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan multiply card terbukti berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa
Rincian Artikel
Referensi
Anggono, W. A. S., Fidayatullah, D. S. A., Imawati, S. S. I., Nuraeini, A., Balqis, I. A. S., Ramadhani, H. C., & Trimurtini, T. (2023). Penerapan teori belajar Piaget berbantuan media kantong penjumlahan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas I SDN Kedungpane 02. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10). https://doi.org/10.5281/zenodo.10199468
Gargita Dewi, N. L. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Media pembelajaran Multiply Cards berorientasi problem based learning pada mata pelajaran matematika operasi hitung. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 109–114.
Islamiyah, P. S., Ardiansyah, M., & Syam, N. H. (2024). Penerapan media Multiply Cards dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas IV SDN 31 Tumampua V Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 395–400. https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57421
Karlina, L., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2024). Pengembangan permainan Multiply Card pada materi operasi hitung perkalian dalam pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 358–368. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2774
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep & aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat (Edisi pertama). Kencana (Prenadamedia Group). https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran/cCTyDwAAQBAJ
Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Efektifitas media pembelajaran Multiply Card dalam pembelajaran perkalian terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913–4924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2962
Maulana, I., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan konsep perkalian menggunakan media rak telur rainbow pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370
Midiyanto, V. F. F., & Hunaifi, A. A. (2022). Analisis kebutuhan media pembelajaran untuk siswa SD kelas IV pada materi pecahan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 2(1), 255–260. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3027
Mubarok, M. K., Zahro, F., Sri Wulan, B. R., & Andjariani, E. W. (2023). Pengembangan permainan Multiply Cards untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi perkalian di kelas V MI NU Tenggulanan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 15–23. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4072
Muhammad, J. K. N., & Arief, N. A. (2023). Pengaruh penggunaan media belajar komik terhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola kelas XI di SMAN 1 Rejoso. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 11(2), 199–205.
Sansena, M. A. (2022). Penerapan proses belajar matematika sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Kependidikan, 6(4), 39–46.
Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Sukamti, T., & Mawardi, M. (2024). Efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 189–205.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 125–131