PERAN PENDIDIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MAN 2 KOTA BOGOR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter disiplin bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor (MAN 2) sangat penting dalam membentuk ketahanan pribadi dan akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di MAN 2 serta strategi yang diterapkan dalam menanggulangi pelanggaran disiplin. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus, menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik sebagai teladan sangat penting dalam menanamkan disiplin, dengan pelaksanaan rutinitas positif seperti upacara bendera dan apel pagi. Meskipun demikian, tantangan seperti pengaruh teman sebaya dan ketidakkonsistenan dalam penegakan aturan masih menjadi hambatan. Disarankan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung disiplin, serta memperkuat sistem pengawasan dan konsistensi penerapan aturan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh faktor eksternal seperti media sosial terhadap kedisiplinan peserta didik
Rincian Artikel
Referensi
Abidin, Z. (2022). Paulo Freire: pedagogi kritis dan penguatan civil society di Indonesia (K. U. M.Pd (ed.); Education). DIVA Press. http://digilib.uinkhas.ac.id/21826/1/PAULO FREIRE_CEK-CEKAN.pdf
Aisyah. (2023). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Menurut Burrhus Frederic Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 1 Sukaraja Way Tenong. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3, 172–18, hlm 3.
Anam, K., & Amri. (2020). pendidik dalam persfektif Islam. 16(1), 86–94. Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 115–126 hlm 116. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204