KEBUN EMPON-EMPON SEBAGAI IMPLEMENTASI ETNOPEDAGOGI DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI PAUD

Isi Artikel Utama

Erna Widiastutik
Sholehah Yuliati
Daroe Iswatiningsih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi etnopedagogi melalui pemanfaatan kebun empon-empon sebagai sumber belajar kontekstual di pendidikan anak usia dini (PAUD). Etnopedagogi merupakan pendekatan pendidikan berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang relevan dengan budaya dan lingkungan anak. Melalui studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga PAUD yang mengembangkan kebun empon-empon sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan anak di kebun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebun empon-empon tidak hanya menjadi media pembelajaran yang menarik, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai budaya lokal, seperti pengenalan tanaman herbal tradisional, pelestarian lingkungan, serta pengembangan rasa tanggung jawab dan kemandirian anak. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung perkembangan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial emosional anak secara terpadu. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis kebun empon-empon merupakan bentuk nyata implementasi etnopedagogi yang kontekstual, relevan, dan efektif dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan integrasi sumber belajar lokal dalam kurikulum PAUD untuk memperkuat identitas budaya sejak dini

Rincian Artikel

Bagian
Articles