IMPLEMENTASI MANAJEMEN QOLBU DALAM EKSTRAKURIKULER PANAHAN di SD DAARUT TAUHID BANDUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan manajemen qolbu, yaitu konsep spiritual Islam yang menekankan pada penyucian hati dan pengendalian emosi, dalam kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD Daarut Tauhid Bandung. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panahan tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga mengembangkan kesabaran, fokus, dan kemampuan mengendalikan emosi. Melalui integrasi nilai-nilai spiritual dalam latihan panahan, siswa mengalami pertumbuhan karakter yang mendukung kesejahteraan psikologis dan pembentukan akhlak. Program ini memungkinkan siswa menginternalisasi nilai-nilai seperti keikhlasan dan kedisiplinan melalui aktivitas yang nyata dan menyenangkan. Penelitian menyimpulkan bahwa manajemen qolbu efektif diterapkan dalam latihan panahan dan berpotensi menjadi model pendidikan holistik berbasis nilai-nilai Islam
Rincian Artikel
Referensi
Al-Qur’an, Tim Lajnah Pentashihan Mushaf. 2020. “Olahraga Dalam Islam Dan Nilai Edukasi Panahan.” Jurnal Bimas Islam 13 (1): 80–95. https://bimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/368.
Arifin, Muhammad. 2023. “Psikologi Olahraga: Spiritualitas Dan Flow State Dalam Prestasi Atlet.” Jurnal Pendidikan Jasmani 6 (1): 30–40. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpj/article/view/4411.
Azizah, Ula Nur, Saeful Anwar, and Ase Kurniawan. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Panahan.” Thoriqotuna 7 (2): 108–25. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/5097.
Hesti, H, S Sutama, B Murtiyasa, M Markamah, P Prayitno, M Muhibbin, and A Anif. 2024. “Studi Literatur Implementasi Modul Seni Pertunjukan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikatif Di Abad 21.” Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 22 (1): 1–17. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.12923.
Mumtahanah, Nurul. 2024. “Manajemen Qolbu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam Terpadu 9 (1): 55–67.
Rahman, F, and N Sari. 2024. “Triangulasi Dalam Penelitian Pendidikan: Studi Metodologis.” Wahana Pendidikan 11 (1): 76–89.
Sekti, Sugiarti, and Naeli Mutmainah. 2024. “Pengembangan Program Ekstrakurikuler Panahan Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Intisabi 2 (2): 1–12. https://ejurnal.itbss.ac.id/index.php/intisabi/article/view/94.
Syaefudin, Muhamad. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Panahan Di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.”
Wijayanti, Rani Amrista, and Wuri Syaputri. 2024. “Dinamika Fenomenologi: Analisis Pengalaman Guru Dalam Konteks Pendidikan Di SMP Global Madani.” Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 22 (1): 18–34. https://doi.org/(tidak tersedia).
Wirabuana, and Hamid. 2021. “Spiritual Approach in Sport Performance: A Case .” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2): 95–105. https://journal.iainponorogo.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/285