PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEMATIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Guided Note Taking berbantu media video terhadap hasil belajar siswa pada Materi tematk kelas IV SDN 5 Rambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu bentuk One Group Fretest-posttest dengan jumlah sampel yang diteliti berjumlah 44 siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan menggunakan program Sofware spss 22 for windows.Hasil penelitian menunjukan perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 67,6 dan standar deviasinya 8,72, nilai rata-rata posttest 90,00 dan standar deviasinya 6,43. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata fretest sebesar 67,6 dan standar deviasinya 7,49, nilai rata-rata posttest 83,5 dan standar deviasinya 5,69.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guided Note Taking berbantu media vidio berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Rambang.
Rincian Artikel
Referensi
Emir.2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif.Depok: Rajawali Pres.
Fajri ismail.2018. statistik untuk penilaian pendiidkan dan ilmu sosial, (jakarta: prenada media.
Reza, Dkk.2019. Analisis Desain Jaring GNSS Berdasarkan Fungsi Presisi (SudyKasus: Titik Geoid Geometri Kota Semarang). Semarang: Jurnal GeodesiUndip.
Silberman, Melvin L.2012. Cara Belajar Siswa Aktif (Edisi Revisi). Bandung: Nuansa.
Suharsimi Arikunto.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamara. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.