STUDENT LEARNING ACTIVITY RELATED TO CLASSROOM MANAGEMENT: HOW TEACHER ROLE?

Isi Artikel Utama

Fidrayani
Sakinah Mawadah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  adanya hubungan antara pengelolaan kelas dengan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di MI El-Syifa Ciganjur. Jenis penelitian ini ialah deskriptif korelasional yang bersifat ex post facto (pengukuran sesudah kejadian). Besar populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV MI El-Syifa Ciganjur sebanyak 100  peserta didik dengan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan angket pada pengelolaan kelas dan keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik korelasi product moment, untuk mencari adanya hubungan dan koefisien determinasi serta mengetahui kontribusi variabel pengelolaan kelas terhadap variabel keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian yang telah didapat menunjukkan terdapat hubungan yang positif signifikan antara pengelolaan kelas dengan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di MI El-Syifa Ciganjur dengan nilai korelasi (rxy) sebesar 0,609 dengan tingkat hubungan berada pada kategori kuat. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,37 yang berarti kontribusi variabel pengelolaan kelas sebesar 37% terhadap keaktifan belajar peserta didik.
 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agus, Abu Hasan. (2015). “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran,†Pedagogik : Jurnal Pendidikan 3, no. 1, 2.

Ririn Anasti, dkk. (2020). Cara Mudah Olah Data Statistik Dengan Program SPSS. Jakarta: Edu Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (1996). Pengelolaan Kelas Dan Siswa. Jakarta: Raja Grafind.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Febri, Gangsar. (2016). “Kemampuan Guru Mengelola Kelas 4 Dan 5 SD Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta,†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 16, 537.

Febrianto, Agung. (2014). “Economic Education Analysis Journal Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Dan Gaya Mengajar Guru Terhdap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pembelajaran Pembangunan Ekonomi SMA NEGERI 2 SLAWI Agung Febrianto.†Economic Education Analysis Journal 2, no. 1, 18–23.

Fidrayani, and Eti Hadiati. (2020). “The Analysis of Self-Efficacy and Classroom Management as Contributors to Teacher Personality of Madrasah Ibtidaiyah.†Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7, no. 1, 136.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada Press.

Kadir, St. Fatimah. (2014). “Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaranâ€. Junal Al-Ta’dib 7, no. 2, 16–36.

Kompri, Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Yoyakarta: Media Akademi, 2017), h. 257.

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosdiana et al. (2017) “Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mts Madani Alauddin Kabupaten Gowa,†Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 20, no. 1, 112–126.

Saprin. (2017). “Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Mts. Negeri Gowa.†Al-Kalam 9, no. 2 , 165.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Suardi. (2017). “Urgensi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di SMA Negeri 15 Bulukumba†Akmen Jurnal Ilmias, no. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2007), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Warsono, Sri. (2016). “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa.†Jurnal Unib 10, no. 2, 474.

Widiasworo, Erwin. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.