PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN BANAR JAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemahaman kelas IV SDN BANAR JAYA khususnya pelajaran matematika sedikit kurang, Maksud diadakanya penelitian ini yaitu guna mengetahui kemampuan para siswa kelas IV terhadap materi bangun datar memakai teknik make a match. Metode yang dipakai yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK) melalui perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Nilai hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan perbaikan menunjukan di bawah dari KKM yaitu 14%. Setelah melaksanakan perbaikan siklus I ada kenaikan dengan jumlah nilai rata-rata 68%, jika dibandingkan dari siklus sebelumnya, siklus II menghasilkan kenaikan sangat tinggi. Hasil dari siklus II nilai rata-rata sebesar 93%. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini maka bisa disimpulkan bahwasanya penggunaan model make a match terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman siswa
Rincian Artikel
Referensi
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1 A), 70–77.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Tugupubliser.
Iskandar, D. dan N. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Ihya media.
Prof.Dr.Azhar Arsyad, M. . (2019). Media Pembelajaran. Rajawali pers.
Rahayu, D. P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 12.
Trisusanti, D., Puadi, E. F. W., & Umbara, U. (2018). Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Bangun Datar Siswa SMP. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(1), 26–37.