IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Isi Artikel Utama

Rina Rahmi
Safrida
M. Syahril Ramadhan
Sari Paton Marziah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran contextual teaching learning guna mencari informasi terkait model yang dimaksud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami peneliti dengan tujuan mendapatkan informasi yang lengkap dengan mengumpulkan berbagai sumber data. Sumber data yag digunakan berupa sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa observasi dan wawancara dengan guru, siswa dan kepala sekolah, sedangkan sumber data sekunder melitputi dokumentasi, jurnal ilmiah, buku dan sejenisnya yang dapat peneliti manfaatkan untk memperoleh informasi. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan policy research. Hasil penelitian ditemukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching learning, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, serta memperoleh pengetahuan yang dinamis dan fleksibel. Selain itu, penerapan model contextual teching learning juga menunjukkan adanya interaksi serta kerja sama yang dilakukan oleh orang tua, dan pihak sekolah guna menciptakan siswa yang bermutu sebagai pengamat pendidikan yang akan mendatang. Dengan demikian, model contextual teaching learning ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran berlangsung

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afandi, A., Sajidan, S., Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development Frameworks Of The Indonesian Partnership 21st-Century Skills Standards For Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V8i1.11647

Afni, N., & Jumahir. (2020). PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK | Musawa: Journal For Gender Studies. Musawa: Journal For Gender Gtudies, 12(1). Https://Doi.Org/10.24239/Msw.V12i1.591

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. Https://Doi.Org/10.19105/MUBTADI.V4I1.6267

Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Choerunnisa, R., Wardani, S., & Sumarti, S. S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran CTL Dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112.

Hasibuan, M. I. (2014a). MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING). Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01), Article 01. Https://Doi.Org/10.24952/Logaritma.V2i01.214

Hasibuan, M. I. (2014b). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01).

Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2009). Konsep Dasar Dan Model-Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Isma, C. N., Rahmi, R., Elisa, I., & Nasruddin. (2022). ‪PROGRAM REMEDIAL MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI MIN 13 NAGAN RAYA‬. Lpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 06(02). Https://Scholar.Google.Com/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=En&User=Ltby4zuaaaaj&Sortby=Pubdate&Citation_For_View=Ltby4zuaaaaj:Klatu1dfn6uc‬

Ismatunsarrah, I., Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Elastisitas Di SMAN 1 Peusangan. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 4(1), 70–80.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Rahmi, R. (2020a). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), Vol.30 No., 111–123.

Rahmi, R. (2020b). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di MI Ma’rif Bego’ Yogyakarta. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(1). Https://Doi.Org/10.22373/Pjp.V9i1.7148

Rahmi, R., & Fadhil, I. (2022). Learning From Home: School And Parents Collaboration In Mi Ma’Arif Darussalam Prambanan, Yogyakarta. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 14(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.17509/Eh.V14i2.43314

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270.