URGENSI PEMBELAJARAN SEX EDUCATION BAGI SISWA UNTUK MENCEGAH PENYIMPANGAN SEKSUAL DI SDN 2 SIMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pengaruh Pendidikan seksual di SD N 2 Simbang. Hasil penelitian ini digunakan sebagai pedoman peserta dididk dalam memahami masa pubertas mereka. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksankan di SD N 2 Simbang dengan subjek penelitian siswa kelas VI di SD N 2 Simbang dan guru SD N 2 Simbang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan purposive sampling, sehingga seluruh partisipan peserta didik kelas VI SD N 2 Simbang beserta wali kelas berperan dalam pengambilan data penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan angket. Menghadapi kasus pelecehan seksual diantaranya mencolek teman sebaya, hinggah perkataan yang mengarah pada hal yang tidak pada umumnya anak ucapkan, baik secara langsung maupun via media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat dari beberapa guru adalah bagi mereka pembelajaran seksual tidak dibutuhkan sebab pada saat mereka menghadapi pubertas mereka akan mengetahui dengan sendirinya atau secara alamiah. Namun dari kasus yang terjadi, terbukti pendidikan sex education sangat diperlukan siswa dari guru dilingkungan sekolah, karna guru merupakan penganti orang tua dirumah. Oleh sebab itu, pendidikan sex education sepatutnya telah diterapkan disekolah selaku pengantar siswa buat menyesuaikan diri kala memasuki usia pubertas
Rincian Artikel
Referensi
Dra. Desmita, M.Si, (2019), "Psikologi Perkembangan". Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nurmayani,Winda M dkk. (2023). "Sex Education pada Anak- anak SD". Vol. 3 nomor 1
Oktavia, Mira. "Peranan Guru dalam Mengenalkan Pendidikan Seks pada Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi".
Muchlis, Erna dan Nurjannah, St. (2022). "Peran Pendidikan Seksual Sex Education Anak Usia Dini Sebagai Upaya Preventif atas Tindak Pidana Seksual." Vol. 4 No 2
Febriagifary, Agidahafsyah. (2021). "Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi". Online. Vol. 8 No 2, http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Abduh, Muhammad dan Wulandari Murfiah Dewi. "Model Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Teori Perkembangan Anak". The Progressive and Fun Education Seminar.
Firdha Yunita Ramli. (2018). "Perilaku Seksual Menyimpang Tokoh Novel 86 Karya Okky Madasari Berdasarkan Teori Seks Sigmund Freud". Studi bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Makasar.
Dewi, Rosdiana dan Bakhtiar, Nurhasanah. (2020). "Urgensi Pendidikan Seksual Dalam Pembelajaran Bagi Siswa MI atau SD Untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual". Vol. 3 No 2, instructional development journal (IDJ)