GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMPIT BINA INSAN KAMIL DEPOK

Isi Artikel Utama

Taufik
Sabilil Muttaqin
Sita Husnul Khotimah
Sayyidul Mubarok
Sarah Safira

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi di SMPIT Bina Insan Kamil Depok, dengan sampel 5 (lima) siswa berprestasi. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan data yang terkumpul dari instrument. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing siswa berprestasi memiliki gaya belajar yang berbeda, siswa A dan B memiliki gaya belajar auditori, siswa C dan D memiliki gaya belajar visual, serta siswa E memiliki gaya belajar kinestetik

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ayu, N. M. S. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biomedik. Jurnal Keperawatan Vol, 8(1).

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, Quantum Learning: membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, New York: Dell Publishing, 1992, Cet. Ke-25.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal kependidikan, 44(2).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Didik. Gaya Belajar Kinestetik. diperoleh 10 Januari 2022. Dari http://didikz888.wordpress.com/tag/gya-belajar-kinestetik/.

Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252.

Lia, A., & Ubaidillah, U. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Era Abad 21 Berbasis Pendekatan Quantum. al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(2), 170-185.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Melvin L. Silbermen, Active Learning 101 cara bealajar siswa aktif, Bandung: Nusamedia, 2006.

Muzakia, N. O. (2020). GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 45-50.

Musrofi, M, Melesatkan Prestasi Akademik Siswa. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.

Nurbaiti, L., Padyah, P., & Muzakia, N. O. (2020). Gaya Belajar Siswa Berprestasi. FONDATIA, 4(1), 28-34.

Putra, P. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi multi kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 147-156.

Siberman, M. L. (2018). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia.

Sekarwati, S. A., & Nurtamam, M. E. (2018). Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Dominan Bergaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Di SDN Gugus III Kecamatan Lamongan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 135.