DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK DI SDN 1 KALIBEBER MOJOTENGAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Orang tua terutama ibu berperan penting terhadap pembentukan perilaku anak. Perkembangan fisik, psikis, dan perilaku harus diperhatikan dengan baik untuk kelangsungan hidup anak. Akan tetapi, apabila orang tua anak tidak ada tentu anak membutuhkan figur peran pengganti yang akan mendidik dan mendampinginya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan pola asuh dan dampak yang ditimbulkan dari pola asuh orang tua pengganti terhadap perkembangan psikososial anak di salah satu SD di kecamatan Mojotengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan sembilan informan yaitu ayah, nenek, dan tante anak. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Temuan penelitian adalah pengasuh dari anak yang diasuh oleh orang tua kandung memiliki kecenderungan menggunakan pola asuh demokratis daripada otoriter dan permisif. Pengasuhan demokratis ditandai dengan memberi dorongan dan dukungan setiap kegiatan positif yang dilakukan anak. Pengasuhan otoriter lebih menekankan anak untuk patuh sedangkan pengasuhan permisif dengan memberi kasih sayang berlebihan tanpa adanya panduan. Ketiga pola asuh tersebut berdampak positif dan negatif pada anak. Adapun dampak positif yang diterima anak seperti semangat dalam sekolah, belajar, beribadah, perilaku sosial yang baik, mencintai dan menjaga lingkungan sekitar. Dampak negatif pada beberapa anak memiliki perilaku manja, tidak mandiri, dan tidak memiliki keberanian. Dengan demikian, penerapan pola asuh demokratis sebagai pilihan tepat yang digunakan pengasuh memberi dampak positif kepada perilaku anak yang dalam pengasuhannya ukan diasuh oleh orang tua kandungnya sendiri
Rincian Artikel
Referensi
Surrotul Hasanah, Idris (2022) “Dampak pola asuh terhadap pembentukan perilaku anak tkw. Vol. 4 nomer 3 2022
Anggraini, P., Monanisa, M., & Arafat, Y. (2020). Dampak Tenaga Kerja Wanita (TKW) Terhadap Sosial Ekonomi Keluarga yang Ditinggalkan di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 5(1), 35. https://doi.org/10.31851/swarnabhu mi.v5i1.3220
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104
Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1.
Baumrind, D. (2022). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 22.
Fajar, & Brata, N. T. (2019). Permasalahan Anak-anak Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Kampung Buruh Migran sebagai Akibat Aktivitas Migran. Solidarity, 8(2), 762–771.
Faradila, S., & Imaningsih, N. (2022). Faktor-Faktor Kemiskinan di Kabupaten Sampang. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(1), 545–552. https://doi.org/10.33005/jdep.v5i1.3 13
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.6 54
Kusdi, S. S. (2019). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.62 53
Kusmiati, E., Sari, D. Y., & Mutiara, S. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Disiplin Anak di Masa Pandemi. 4(2), 16.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2. 8785
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan. 3(2), 8.