KONSEP HYPNOPARENTING DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui cara mendidik anak menggunakan hypnoparenting, dan (2). untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter anak dengan menggunakan hypnoparenting. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi Kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan ialah pendekatan literer. Pengumpulan data dalam penelitian ini didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku yang memuat konsep Hypnoparenting. Dalam Penelitian Ini Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik editing, organizing dan analizing, serta analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan menggunakan teknik content analysis. Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa: (1). Menerapkan hypnoparenting dalam mendidik anak dapat dilakukan dengan cara membangun kedekatan dengan anak melalui komunikasi terlebih dahulu sebelum memberikan sugesti. Selanjutnya saat berkomunikasi dan memberikan sugesti sebaiknya menggunakan kata-kata yang membangun dan berefek positif dan disertai sentuhan fisik agar anak merasa disayangi. Dan yang lebih penting, orang tua sebaiknya memberikan sugesti tersebut berulang-ulang sehingga sugesti tersebut menancap dalam pikiran bawah sadar anak. (2). Relevansi pendidikan karakter anak dengan penerapan hypnoparenting yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi tujuan, mekanisme, dan prinsip. Tujuannya adalah terbentuknya akhlak mulia, sedangkan mekanismenya adalah pikiran bawah sadar yang kemudian diproses ke dalam pikiran sadar, dan yang terakhir prinsipnya adalah pola sikap, perkataan, dan tingkah laku orang tua itu sendiri atau disebut juga keteladanan
Rincian Artikel
Referensi
Abuddin Nata. (2007). Manajemen Pendidikan mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada media.
Agus Sutiyono. (2014). Saktinya Hypnoparenting. Jakarta: Penebar Plus.
Aji Dimas, Wati Erna dkk. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi pola asuh ibu balita dikabupaten Banyumas, Jurnal Kesmas Indonesia. 8 , (1).
Anton Bakker & Achmad Charris Zubair. (1996). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta:Kanisius.
Bambang Q-Anees & Adang Hambali. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‟ân. Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media.
Dewi Yogo Pratomo. (2012). Hypnoparenting. Jakarta: Qonita.
Enni Khairuddin. (2014). Membentuk Karakter Anak Dari Rumah. Jakarta: PT Elex Media.
Faeni. (2013). Hypnoparenting. Jakarta: PT Mizan Republika.
Klaus Krippendorff. (1993). Analisis isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Diterjemahkan oleh Farid Wajidi. 1993. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.
Lucy liniawati santioso. (2012). 5 Menit menguasai Hypnoparenting. Jakarta: Penebar Plus.
Oktaviana. (2011).â€Mengajari Anak Balita Dengan Hipnoparentingâ€. Online. http//:19songolas.wordpress.com. Diakses: 21 mei 2023.
Rudi Cahyono. (2015). Daily Parenting. Jakarta: Panda Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.