PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VI DI SDN GUNUNG BUNDER 01 PAMIJAHAN

Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara memperbaiki kualitas aktivitas pembelajaran agar lebih efektif, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Suharsimi Arikunto (2017: 19) mendefinisikan Penelitian Tindakan Kelas sebagai "Systemic Inquiry†yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau konselor sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik persekolahan, termasuk memperbaiki hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal (prasiklus) hasil belajar siswa sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 8 siswa dari 18 siswa, dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80. Pada siklus I terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sebanyak 14 siswa yang mencapai KKM dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Pada siklus II terlihat hasil belajar siswa yang meningkat dengan baik hal ini berdasarkan nilai tes formatif di akhir pembelajaran. 18 siswa (100%) mengalami peningkatan hasil belajar, walaupun masih ada 1 siswa (6%) yang mencapai nilai di bawah KKM. Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyadi, Ani, (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Johari, Andriana. (2014). “Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswaâ€. Journal of Mechanical Engineering Education, 1 (1), 10.

Kumala, Nur Farida. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Penerbit Ediide Grafika.

Nugrawiyati, Jepri. (2018). “Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arabâ€. Elwashatiya Jurnal Studi Agama. 6 (1). 103.

Nurrita, Teni. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3 (1), 174.

Sarwono, Jonathan. (2017). Mixed Methods. Jakarta: PT Gramedia.

Singh Swaran, C.K., et al. (2021). “Review of the Research on the Use of Audio-Visual Aids among Learners English Languageâ€. Turkish Journal, 12 (3), 895.

Sudjana, Nana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sulistyorini, Sri. (2017). Model Pembelajaran IPA SD. Yogyakarta: Tiara Kencana.

Winarni. (2015). Inovasi Dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB